26 Juli 2007

over valued atau over paid

Bertemu dengan teman dari divisi lain waktu makan siang adalah rutinitas yang menyenangkan di warung makan siang, selain saling bertanya kabar, keluarga hingga gosip-gosip terbaru yang beredar di tempat lain bahkan hingga alam lain :D .Siang itu saya ketemu dengan teman dari divisi sdm, sambil makan kami berbincang layaknya dua kolega yang lama tak bersua

temen (t) : hei kemana aja loe, ga pernah keliatan makan bareng kita-kita
saya(s) : ada disini aja, gw sering dapet makanan gratis sih :D jadi jarang ke warung hehe
t : lagi ngerjain apa?
s : lagi bikin program a, program b, analisa c, dokumen d
t : wah mau aja loe disuruh ngerjain yang begituan, itu kan bukan tugas loe!
s : lha? pan gw disuruh ama bos?
t : ya tapi kan itu bukan kerjaan buat loe, loe tuh kuli bukan mandor, tuh semua kerjaan mandor, ngapain amat ngerjain kerjaan mandor sementara gaji loe masih gaji kuli, paling banter dapet terima kasih kan?
s : ya sih, trus kalo ga gw kerjain, gw ngapain donk?
t : ya ngerjain kerjaan kuli lah, ngaduk semen, masang bata apa ngecat gitu, enakan mandor loe tinggal suruh-suruh doank sementar kerjaan dia loe ambil semua, job deskripsi loe tuh kuli bukan mandor, kalo loe disuruh ngerjain kerjaan mandor bisa jadi itu cuman akal-akalan mandor loe aja biar loe ngerasa penting, ngerasa dibutuhin, padahal kalo mo ditendang mah ditendang ajah, kagak pake dipegang-pegangin
s : ya ya ya **sambil ngunyah-ngunyah**
t : loe tuh begini ..... begitu ...... begini .... begitu !@#$!~@#$%%^^$#@$
s : ** waduh ada cabe kegigit**
t : blah blah blah blah .......
s : ya ya y a ......

entah bagaimana baiknya, saya merasa bekerja merupakan hak, akan saya kerjakan semampunya pekerjaan yang dipercayakan kepada saya. Prajurit yang menolak berperang di garis depan, mungkin dapur umum lah tempat terbaiknya :pis:

13 komentar:

COBROTE mengatakan...

nggaya mu kui loh..biasa mangan blanggreng..jadah..apem...kok gw2 elo2...gw selarong po way?

evi mengatakan...

udah...bosnya aja yang suruh ngerjain....

kita senasib, sama-sama buruh. :(

osinaga mengatakan...

ehem..ehemm.... *kalem mode ON*

kondisi ini memang konsekuensi dari beberapa hal:
- atasan yang tidak kompeten (skill kurang cuma bernasib baik bisa promosi jadi boss karna senioritas)
- sistem dan prosedur yang tidak dijalankan sesuai pakem alias SOP cuma jadi 'penghias' bantek saja
- arogansi atasan dan mental feodal

trus kita harus gimana? kalo kita ga bisa ngubah sistem / maka kita yg harus berubah ngikutin sistem. ambil hikmah/positifnya aja. semakin banyak kita tau/kita kerjakan maka selain memperluas wawasan / latihan jadi bos maka bergaining position kita juga akan makin tinggi. emang akan timbul semacam ketergantungan tp itu adalah konsekuensi dari hal-hal diatas.. jadi kita ambil positifnya aja lah..
so...keep smiling & keep blogging :)

* kalem mode OFF*

-tikabanget- mengatakan...

sayah pernah itu dimarahin depan massa :D
cuma gara gara hal sepele :D
yasudah.. didiemin ajah..

venus mengatakan...

aaahhh...dunia kerja. saya mah pengangguraaannn....

Bangsari mengatakan...

namanya juga kuli, kerja menurut perintah mandor. kalo ngga mau disuruh, ya bikin usaha sendiri aja. he..he..he..

hidup kuli!

just Endang mengatakan...

kalo mo menghindar2, mesti pinter2 bikin manuver diplomatis (apaan tuh maksudnya?) biar bos gak marah dong mas..

iway mengatakan...

to balibul:
hahahahha, limpung, gandoz, lentho, gpp lagi bal, sekali-kali ngomong bahasa planet :D

to jeng evi:
woo, bisa jadi bahan omongan kii

to oktav:
ya ya ya, begitulah

to tika:
lha iya tik, mau diapain yah?

to mbok:
ah sampeyan biar pengangguran tapi banyak acara kan?

to bang ipul:
lha itu dia, belum bisa usaha sendiri je

to mbak endang:
lagi belajar mbak, memutar balikkan kata :D

zam mengatakan...

kalo ndak ada jongos, mana ada juragan?

kita punya peran masing-masing, kang..

tergantung gimana kita menjalani dan menikmatinya.. ;)

Jali mengatakan...

hehe.. **mode Kakek2 : on**
Way, Umur, jodoh, rejeki itu sudah ada yang menentukan, status dan jabatan itu hanya atribut yang melekat ke diri seseorang saja. Kebahagiaan itu tidak diukur dari itu semua. Insya Allah kalau semua yang kita kerjakan ikhlas akan membawa berkah dan manfaat.. dan akan lebih baik hasilnya ..

Dengan kata lain lakukan yang terbaik yang kita bisa. Enjoy ya Way... Happy Blogging... :D

**mode Kakek2:off**

langit mengatakan...

nyante ae mas, hidup utk dinikmati :)..oleh bonus yo disyukuri,oleh pisuhan yo dirungokno ,karo siap2 nguncali monitor :D

edratna mengatakan...

Mas Iway,
Saat saya masih staf, saya diajari agar mulai berpikir sebagai Asisten Manager atau Manager. Jadi kalau libur lebaran dan saya ga cuti (bapak ibu sudah alm), saya menggantikan jadi pejabat sementara. Dan pada saat itu terjadi "masalah" yang membuat saya menjadi pulang malam, rapat terus menerus dengan Direktur. Hasilnya? Saya dikenal oleh Direktur sebagai pekerja keras dan handal (padahal kepaksa, tapi akhirnya suka...hehehe)....dan tak lama kemudian dapat promosi.

Kalau kita cuma kuli, dan mengerjakan pekerjaan kuli, kita tak akan pernah naik, karena tak punya diferensiasi yang membuat kita beda dan dilirik bos untuk dijadikan penggantinya. Jadi...buatlah kita "needed" untuk konsumen kita..ya atasan langsung, atasan teman dll karena mereka yang akan menarik kita atau mempromosikan kita.

Saya dulu sering memperhatikan anak buah orang lain, dan kalau mereka saya nilai baik (karena saat meeting berani adu argumen)...pada suatu kesempatan mereka bisa diusulkan untuk ditarik ke tempatku...dan saya termasuk yang berani memberi delegasi wewenang, tanpa itu anak buah tak pernah ada kesempatan untuk menunjukkan bahwa dia mampu dan punya kelebihan.

Ehh...kok komentarku jadi serius ya...hehehe maaf...sekedar sharing

tintin mengatakan...

iya juga yah... sekarang dikantor ini kebanyakan overvalued ato overpaid?

kalo *seharusnya* jobdesknya sama, kok yang laen bisa ngomongin orang, sedangkan ada yg ngobrol ama mesin pake bahasa biner?

halah, mending yg mana dong way?

soalnya kadang2 bos-bos bekalnya cuma ilmu managerial doang, gak pake ilmu teknis. jadi kerjaan teknis dioper ke kuli, kerjaan managerial diambil alih... kalo bos kaya gini, enaknya ditipu aja kali yaa.. :D heheheheh