13 Juni 2007

Perpanjang STNK

Agak basbang sih, soalnya peristiwa ini terjadi sabtu kemarin. Bulan Juni adalah saat motor saya ulang tahun, saat itu pula saya harus memenuhi kewajiban saya sebagai pemilik kendaraan bermotor yaitu membayar pajak kendaraan. Tahun-tahun sebelumnya saya menyerahkan urusan ini kepada biro jasa, secara di kantin tempat saya kerja ada biro jasa yang bisa melakukannya. Jadi sambil sarapan di kantin ngegosipin atasan dengan teman sesama kuli, mampir sebentar ke biro jasa, tak sampai 5 menit urusan selesai, nanti siang STNK diantar ke kantor. Gara-gara serombongan ibu-ibu di kantor (serius, di kantor saya ada rombongan emak-emak :D) yang heboh setelah mengurus perpanjangan SIM mereka di layanan samsat keliling, kami pun ikut heboh menanyakan bagaimana caranya, apa aja syaratnya, dimana sih tempatnya, berapa biayanya, jadilah siang itu jadi ajang presentasi oleh ibu-ibu tentang menyenangkannya layanan samsat keliling itu.
Ternyata ibu-ibu tak pernah bohong :D ,hari sabtu itu saya telah membuktikannya. Semua urusan selesai kurang lebih 15 menit. Layanan samsat keliling terbagi menjadi 2 unit bis, satu untuk perpanjangan STNK dan lainnya untuk layanan perpanjangan SIM. Bis layanan STNK terdiri dari 3 loket, loket pendaftaran, pembayaran PKB dan pengambilan STNK yang telah diperbaharui. Apa saja yang perlu dibawa?? STNK asli dan PKB, BPKB asli, Identitas (KTP/SIM) asli dengan nama dan alamat yang sama dengan yang tertera di STNK. Perlu fotokopi? tak perlu, disediakan tempat fotokopi meskipun saya agak heran dengan tarifnya. Formulir isian hanya satu dan disediakan di tempat tersebut dan GRATIS. Setelah diisi serahkan beserta fotokopi semua persyaratan termasuk STNK asli, PKB asli, Identitas asli diserahkan ke loket pendaftaran. Tunggu panggilan dari loket kasir, dan setelah membayar tunggu panggilan dari loket pengambilan STNK. Semuanya selesai kurang dari 15 menit. Salut untuk pak polisi dan pak pemda. Kapan semua urusan birokrasi menjadi semenyenangkan ini??


update: posisi layanan samsat keliling bisa dilihat disini

10 komentar:

tito mengatakan...

teman saya akhir tahun depan musti ngurus STNK, KTP, sama SIM juga..saya bilang, "Modar wae"

Evi mengatakan...

kalo di sini ada rombongan emak-emak yang hobby nya ke tanah abang, hampir tiap hari.

lah, penginnya ga ikutan tapi tawaran datang bertubi-tubi, piye coba?

http://bahtiar.web.id mengatakan...

mugo lancar terus yooo :)

iway mengatakan...

to tito:
lho ngurus stnk kok malah disuruh bunuh diri tho??
to evi:
halah, bdn, taman anggres, mangga dua :D
to mas bah:
amin

Hedi mengatakan...

Samsat/pengurusan STNK kayaknya hampir di semua tempat udah lancar deh. Di Depok juga cuma 15 menit (urus sendiri), pake calo 10 menit (biaya terserah).

Andai ngurus SIM, Paspor, KTP dsb-nya juga seperti ini ya.

kangguru mengatakan...

Moga nambah deh layanannya, wong doktor aja bisa cepat kok

osinaga mengatakan...

tau gini kemaren gw ga ngurus lewat biro jasa yg di kantin :( secara biayanya bisa beda (ampir 2x lipat).

kw mengatakan...

selamat.

mudah-mudahan aku nanti kalau udah punya bpkp, (jet pribadi emang pakai bpkp kan ga).

gak jadi ding berarti. ehhehhehe

ordinary life... mengatakan...

hiks.. ga bisa nyoba euy..
sim ama stnk gw masih status djogdja

Kelambu Nyamuk mengatakan...

seperti dalam mimpi....top buat kepolisian