13 April 2007

Oracle Enterprise Manager ngadat

Beberapa hari ini saya dipusingkan dengan console database management buatan oracle ini. Setelah instalasi selesai, database Oracle 10g R2 (10.2.0.1.0) berhasil di start dengan mulus, file alert -pun tidak memunculkan error yang mengganggu. Karena di versi ini tool dbastudio digantikan dengan aplikasi web-based, maka saya arahkan FF ke http://nama_host_komplit:1158/em lha kok ada pesan "Enterprise Manager is not able to connect to the database instance. The state of the components are listed below." dengan kondisi database down, listener down, agent down. Sepertinya ada yang salah di tnsnames.ora/listener.ora [padahal belum ada yang diubah pasca instalasi], coba koneksi menggunakan sqlplus sys/password@namaservice gagal dengan pesan "TNS-12514 TNS:listener could not resolve SERVICE_NAME given in connect descriptor" padahal kalau dengan sqlplus "/ as sysdba" bisa masuk ke database, oops baru ingat kalau kita menggunakan sqlplus dengan tidak menyebutkan nama servicenya berarti kita tidak menggunakan listener, hal ini dimungkinkan jika sqlplus di-eksekusi di server database. Cari punya cari ternyata perlu perubahan sedikit di tnsnames.ora, entry "SERVICE_NAME" diganti dengan "SID", restart listener coba koneksi lagi, whoala it works!. Refresh FF, EM masih menampilkan pesan yang sama namun dengan state database up, listener up dan agent up..........**browsing mencari ada apa gerangan sambil blogwalking dan meninggalkan noda disana-sini :D ** ada artikel disini yang membahas tentang cara membuat dan menghapus instalasi EM. Ternyata drop, recreate repository tidak banyak membantu, pesan itu selalu menghiasi layar depan EM. Di sudut bawah kiri ada link recovery, kalau diklik akan muncul form login dengan connection string yang masih menggunakan "SERVICE_NAME" bukan "SID". Dari artikel tadi pula disebutkan bahwa connection string ini ada di file "emoms.properties" di direktori "$ORACLE_HOME/namahost.lengkap.dengan.domain_namaservice/sysman/config". Edit file ini ganti "SERVICE_NAME" dengan "SID" coba refresh FF dan masih belum beruntung!. Berbeda hasilnya setelah edit file "emoms.properties" kemudian restart EM dengan "emctl stop dbconsole" dan "emctl start dbconsole", refres FF dan whoala it works! .Butuh sedikit kesabaran dan ketekunan jika masalah sepele menjadi batu ganjalan yang menyulitkan hingga menyudutkan perjalanan kita mencapai tujuan :D
Quick and Dirty EM command (sebaiknya baca dulu dokumen terkait):
  • create EM repository :
     $ emca -config dbcontrol db -repos create
  • drop EM repository :
     $ emca -deconfig dbcontrol db -repos drop
  • recreate EM repository :
     $ emca -config dbcontrol db -repos recreate
  • start EM
     $ emctl start dbconsole
  • stop EM
     $ emctl stop dbconsole

6 komentar:

Unknown mengatakan...

thx yaaa,,
kalo mau nanya2 lagi boleh yaa,,kita lagi ada riset ttg standby database,,dari kmaren2 masi nguplek2 gimana caranya biar bisa jalan, kita pake 10gR2 juga..kita mahasiswa stttelkom bandung..hehehe..
salam kenal ya..

makasih,, akhirnya EM-nya bisa jalan,,hekeke...

doain sukses ya..

btw, bisa kirim email kmana kalo mo nanya2?

iway disini mengatakan...

emailku ada di profile, lihat pojok kanan atas, senang bisa membantu, stand by db blum pernah nyoba

Unknown mengatakan...

oohh,,blum pernah nyoba yaaa?emang udah pernah nyoba apa ajah pak?

makasih bgt loh . .

Anonim mengatakan...

Mass salam kenal...
saya lagi nyoba oracle di linux. EM bisa digunakan, tetapi apabila server di-restart EM tidak mau hidup. Message errornya :
[oracle@rac1 ~]$ emctl start dbconsole
OC4J Configuration issue. /opt/app/oracle/product/11.1.0/db_1/oc4j /j2ee/OC4J_DBConsole_rac1.cmsmalang.org_BILLAP not found.
[oracle@rac1 ~]$
Saya udah coba recreate ulang dan berhasil, tapi ketika server direstart lagi ya error lagi dg message error spt diatas.
Tolong bantuannya yah mas...

Unknown mengatakan...

Mas minta tolong donk
saya ada masalah neh. ketika saya jalanin emctl start atau stop dbconsole pasti slalu muncul pesan seperti ini
TZ set to Asia/Jakarta
Cannot execute /opt/oracle/product/10.2/db_1/bin/emctl.pl since its userid does not match yours.
Maksudnya itu apa ya??
Terima kasih sebelumnya..

Anonim mengatakan...

thanks pak.. dah bisa jalan lagi