21 Agustus 2007

konvergensi ras

Pertama sekali selamat ulang tahun buat cintaku yang kemarin merayakan hari jadinya yang ke-2X, biar telat ucapan selamat di blog namun tidak di dunia nyata :) . Semoga tambah sabar menghadapi bayi kecil dan bayi besar yang setiap hari sepertinya semakin manja saja :D .Oh ya saya minggu kemarin dinas keluar kota, jadi ritual anjangsana ke blog-blog tetangga terlewatkan, pun ritual upacara 17-an di kantor yang tidak juga saya hadiri (halah siapa elu!)
Hari ini saya mengikuti acara donor darah yang diadakan kantor dalam rangka memeriahkan 17-an. Saya ikut donor darah pertama kali waktu masih kuliah (sekitar akhir 90-an), hingga sekarang rutin 2 atau 3 kali setahun mendonorkan darah tergantung berapa kali acara donor darah di kantor, apakah tujuan saya donor darah ingin membantu orang lain yang membutuhkan?? mungkin juga :D yang jelas alasan saya donor BUKAN karena ingin mendapatkan suvenir yang diberikan panitia setelah acara berlangsung. Mungkin sampeyan ingin tahu alasan saya rajin mendonorkan darah saya??
Saya dulu perokok ringan (mengutip kata mas jay), ringan membeli dan ringan menghisap. Kalau tidak salah baca, racun dalam rokok menyebabkan kemampuan darah mengikat oksigen berkurang sehingga darah semakin pekat dan sulit mengalir, atau gampangnya darah kita selalu terkontaminasi racun (baik dari rokok atau non rokok). Salah satu cara membersihkan darah ya mengeluarkan darah dari sistem peredarannya, bisa dengan luka/pendarahan (sengaja?) atau lewat donor darah. Karena ada pengeluaran darah maka tubuh akan membuat darah pengganti yang tentu saja fresh from the oven, jadi judulnya cuci darah gratis :D .
Taruhlah darah anda sekarang pekat karena kebanyakan nikotin, kafein (hi mbok!) ,kolesterol, akumulasi zat aditif, dll kemudian anda ikut donor darah yang berarti darah anda diambil sekian cc kepekatan darah akan sedikit berkurang karena telah diencerkan dengan darah baru produksi tubuh sebagai pengganti darah yang sudah diambil, apalagi jika 3 bulan kedepan anda donor lagi sekian cc kepekatan darah anda akan semakin berkurang dan dijamin GRATIS, saya belum pernah dipalak pmi gara-gara saya mau donor darah
Soal judul konvergensi ras baru saya temukan beberapa hari ini (tidak pakai berapa stanza tentunya). Katanya dalam setetes darah kita terdapat cetak biru dari sifat-sifat genetik kita (DNA). Kalau dalam kasus tertentu kita membutuhkan transfusi darah (sakit, kecelakaan, dll), maka terjadi penyatuan darah kita dan darah orang lain (pendonor), mungkin tidak ya DNA kita tercampur dengan DNA orang itu? atau darah orang tersebut membuat beberapa potong penyusun DNA kita bermutasi? Dalam hal terjadi transfusi antar ras, mungkin tidak ya terjadi pencampuran DNA seperti pada proses pembuahan sperma dan sel telur? Jika hal ini dimungkinkan bisa jadi beberapa ratus tahun yang akan datang konvergensi ras akan terjadi, sulit sekali untuk membedakan mana ras A dan ras B karena terjadi pencampuran DNA baik lewat perkawinan atau donor darah, atau bahkan akan ada ras-ras baru karena terjadinya mutasi genetik dari ras yang sudah ada? waktu sma dulu (sma 4 solo) saya punya temen cowok yang jangkung putih muka arab rambut kriting tapi bermarga Lubis, ada lagi temen cewek putih bule rambut merah (ga tau asli atau di cat) tinggi standar dan bermata coklat, denger-denger ada keturunan bule entahlah. Akankah konvergensi ras ini terjadi, atau malah makhluk seperti wolverine atau sandman yang ada karena mutasi gen muncul duluan?
Saya membiarkan blog saya ini menjadi tempat grenengan saya sehari-hari, saya tidak berniat menambahkan fakta-fakta di google ,wikipedia ataupun belantara internet. Biarlah mas ini, mas itu, mbak ini dan lainnya yang melakukannya :pis:. Terjawab atau tidak, saya akan melanjutkan dengan grenengan yang lain :D


ps: gambar dicolong dari sini, semoga diijinkan

13 komentar:

evi mengatakan...

wah...disamping beramal dapat juga travel bag cantik, susu sekilo dan makan siang gratis hehehe....

aku ga ikutan Mas, abisnya 20 bulan yg lalu baru dapat tranfusi darah 4 kantong.

osinaga mengatakan...

wah saya baru tau malah kalo DNA itu ada di darah :) kirain cuma di sperma atau sel telur doang :)

Bangsari mengatakan...

lha memang gunanya blog itu untuk menampung grenengan grenengan je...

btw, saya lagi penggalangan dana nih...

venus mengatakan...

ada hi, mbok-nya! siyallll!!! :D

langit mengatakan...

selamat ulang taun buat kk ipar :D

endang mengatakan...

trus, yg dpt darah sampeyan, kena nikotin dong? hihihi...

iway mengatakan...

to jeng E:
wah sampeyan dah kena kontaminasi gen apa ya??

to oktav:
ya elu mikirnya ke daerah itu doang sih :D

to mas ipul:
hooh, grenengan ga jelas heheheheh

to mbok:
hi mbok (tm)

to jeng L:
nuwun yo dik

to mbak Endang:
lha iya, takutnya kalo dia jadi reflek ke warung beli rokok :D

kangguru mengatakan...

ehm bagus juga idenya merayakan ulang tahun sambil donor darah... halah

bocah kidul sar jongke mengatakan...

mas nek getih kui kan abang .. tur kenthel yo tho ... kok yo mbok donorkr mok ping telu setahun

lah nek sing putih tur kenthel kui mbok donorke ne setahun ping piro .. 365 kali yo

;))

kw mengatakan...

bebek mengundang
kamsi 30 agustus jam 20 -pagi di ohlala, sarinah
datang ya

http://bahtiar.web.id mengatakan...

nunut ma'em yaa mas :)

pitik mengatakan...

aku mbok dijak nek ono donor darah..kan entuk susu gratis to?

tito mengatakan...

habis transfusi darah orang amerika, simbah saya mengigau dalam bahasa inggris :D