23 Maret 2007

Aplikasi di Komputerku

Iseng-iseng hari jum'at buat daftar aplikasi yang saya rekomendasikan dipakai untuk anda semua. Aplikasi-aplikasi tersebut saya pakai hampir setiap hari baik untuk kerja beneran atau ngerjain orang.
  • 7-zip, pertama pakai aplikasi ini karena merasa aneh dengan winzip yang di-crack [meski tidak di-crack winzip masih bisa digunakan]. Kenapa harus crack[merusak] hasil kerja orang hanya untuk sebuah aplikasi sedangkan ada aplikasi sejenis yang disediakan gratis. 7-zip dapat menangani berbagai format kompresi baik di windows/unix dengan rasio yang kurang lebih sama/lebih baik dari winzip. Masih pake winzip/winrar crack ?? sian deh
  • Notepad++, aplikasi ini digunakan untuk editor file-file non-dokumen alias bukan word processor [bisa sih dipakai buat word processor tapi ....]. Ringan tapi powerful, mungkin itu membuat saya jarang menggunakan notepad/wordpad, ditambah multitab ala firefox dan syntax highlight adalah feature yang membuat saya menggunakannya sehari-hari. Page Formatting blum sempet digunakan :D
  • CD-DA X-Tractor, digunakan untuk "membackup" cd musik saya ke komputer. Daripada gonta-ganti cd lebih baik backup/convert ke format yang lebih portable (.mp3). Selain di komputer mungkin bisa dikirim juga ke hp sebagai teman perjalanan atau buat ringtone. Namun semenjak ada Windows Media Player 11 dimana ada fungsi rip cd ke .mp3 saya jadi jarang menggunakan cd-da ini, secara wmp 11 gitu lho!
  • Audacity, saya gunakan untuk merekam lagu/suara dalam videoclip yang ada di situs videoblog seperti youtube, metacafe atau google video. Ada banyak lagu-lagu 'aneh' di situs-situs tersebut seperti Siti Nurhaliza dalam lagu melayu, JerryC dengan Canon, lagu-lagu dari anime, atau lagu-lagu dari penampilan panggung artis tahun baheula.
  • floAt's Mobile Agent.Bila inbox penuh dengan sms dari mantan pacar, memori hp penuh oleh foto anak/keluarga dan ada perubahan no telpon di address book maka saatnya menggunakan aplikasi ini. Archive sms ke komputer, download/upload isi memori, syncronize address book. Sebaiknya hati-hati dalam membaca manual aplikasi ini, salah-salah seperti saya yang kehilangan seluruh address book [bodoh bukan?], untung selalu ada backup, tinggal syncronize lagi dan woala, it works!
  • winamp, rasanya sulit mencari tandingan aplikasi ini karena antar muka-nya yang sudah begitu akrab di tangan saya. Kalau hanya player .mp3 di sourceforge bisa didapat beberapa alternatif termasuk wmp 11 atau iTunes. Mungkin ada yang punya saran?
  • Firefox. Aplikasi inilah yang pasti saya buka setiap hari, dari baca-baca rss, klinong-klinong blog, liat email di gmail atau yahoo, posting di blog atau sekedar baca berita di detik. Sekarang saya menggunakan yang versi 2.0.03 dengan add-ons : Colorful Tabs (buat mewarnai tab), Google Notebook (copy paste apa aja ke notebook pribadi di google), IE Tab (menjalankan IE di FF, serius! coba deh) dan Sage (rss reader yang cihuy banget). Untuk themes saya lebih suka dengan kesederhanaan ff 2.0 dengan small icon
Lumayan bukan ? semoga bermanfaat, saran sangat diharapkan :D

10 komentar:

Anonim mengatakan...

App Free kabeh atau ada yang PASAR GELAP bang :D

Anonim mengatakan...

firefox itu livebookmarknya emang praktis. Ho, oh bang...gratisan semuanya?

iway disini mengatakan...

to mas johar:
free kabeh (winamp ada yang bayar), barokah (ga nyolong) :D

to pak dokter:
sugeng pak dokter?? :D

Anonim mengatakan...

wah gak ngerti beginian. saya taunya cuma pake, hehehe...

saya mampir, dan saya bukan seleb. weeeeekk... :D

Anonim mengatakan...

eh, Float's nya ada yang buat versi Mac gak ya...

iway disini mengatakan...

to budhe venus:
halah gitu aja ngambek :D sugeng rawuh budhe

to tika:
kayaknya ga ada tik, kecuali mekbukmu diinstall windows :D

Yusuf Alam Romadhon mengatakan...

waduh mas kalo aku tinggal pakek aja. banyak yang ga mudheng about TI

Anonim mengatakan...

dulu pernah bikin daftar :
Browser : Mozilla Firefox, Opera
Anti Virus : AVG Free, AntiVir XP Personal Ed Classic
PDF : Adobe Reader, PDF Creator
Burner : CDBurnerXP Pro 3
Image Editor : The GIMP
Image Viewer : XnView
Office : OpenOffice.org
Statistic : Epi Info, R
Zip : 7-Zip
Download Manager : Free Download Manager
Multimedia : Winamp, Windows Media Player, Quick Time Player
Chat Client : Gaim, Trillian
Folder/Files Encrypter : PC-Encrypt

→ ada yg seide kita ya.. :D

iway disini mengatakan...

to mas dani:
nah lho ini dia nih begawannya dateng, makasih mas dah sharing :D

jemiro mengatakan...

:) mas iway aplikasinya powerful, :) memang MF kencang + plugin yang makin berfariatif, tapi Google crom tidak kalah ko.
masalah 7Zip saya pernah pakai, bagus :)
winamp itu wajib, auda city juga ada :) pokonya yang mas rekomended keren2 :)