30 Januari 2007

Kajian ba'da Dhuhur

Barusan dari shalat dzuhur di masjid dan sesudahnya ada kajian dari ustadz sapa gitu :D [maap pak ustadz, belum ta'aruf], berikut yang bisa keinget dari kajian beliau. Prof. something gitu [maap lagi untuk ketidakingatan] pernah menulis, bahwa nanti masyarakat barat akan menjadikan Islam sebagai pilihan utama keyakinannya karena beberapa hal, yaitu:
  • Islam mengajarkan bahwa manusia lahir dalam keadaan suci, dan tidak membawa dosa warisan dari orangtua dan orang-orang terdahulu. Nabi Adam memang berdosa namun telah bertaubat dan taubatnya diterima Allah, dan turunnya nabi Adam dalam keadaan suci.
  • Islam menganjurkan bahwa kemiskinan harus dijauhi, memang benar semakin miskin keadaan kita akan membawa kedekatan kita kepada Allah, namun Islam tetap menganjurkan kita menjadi tidak miskin [kontradiktif ya].
  • Islam mengajarkan tingkah laku dalam beragama, bahwa niat beriman saja tidak cukup, harus diikuti dengan ucapan dan perilaku yang sesuai dengan iman yang telah diniatkan.
  • Ajaran-ajaran Islam sedikit yang bersifat dogmatis dan kebanyakan aksiomatis, yang berarti bahwa ajaran Islam bisa dibuktikan oleh akal pikir manusia.
Semoga bermanfaat.

2 komentar:

Mbah Dipo mengatakan...

perlu dipahami bahwa yang dimaksud miskin dalam konteks ini bukanlah orang yang miskin harta... miskin (jamaknya masaakin, kadang dipakai dgn bentuk maskanah) maknanya luas, dan kekurangan harta hanyalah secuil makna yang sering dipakai dalam bahasa Indonesia... :)

iway mengatakan...

to mbah:
nuwun mbah, nambah lagi ilmunya